26
Agu
09

HALAMAN DEPAN KI MATEMATIKA


LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

Naskah Karya Ilmiah yang berjudul “MINAT SISWA SMA N 3 PAMENANG UNTUK MEMASUKI JURUSAN IPA ATAU IPS DIDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKANYA” oleh Himam Nur Wahidin NPM. 041002071505 telah disetujui oleh pembimbing :

Pembimbing I Tanda Tangan Tanggal

Drs. ARISLAN, M.Pd. ……………… ………………

NIP. 131 649 580

Pembimbing II

Dra. FATIMAH, AS, M.Pd ……………… ………………

NIP. 131 789 961

LEMBAR PERSETUJUAN TIM PENGUJI

Karya Ilmiah yang berjudul “minat siswa SMA N 3 Pamenang untuk memasuki jurusan IPA atau IPS didasarkan kemampuan matematiknya”. Di Kec. Pamenang Barat Kab. Merangin pada tahun 2006 oleh Himam Nur Wahidin NPM. 041002071505 ini telah dipertahankan didepan tim penguji karya ilmiah STKIP YPM Bangko pada tanggal
Tim Penguji Tanda Tangan Tanggal

Nama ……………… ………………

Ketua

Nama ……………… ………………

Sekretaris

Nama ……………… ………………

Anggota

Nama ……………… ………………

Anggota

Ketua STKIP YPM Bangko Ketua Jurusan

Drs. ARISLAN, M.Pd BETTY MAHMI, S.Pd

NIP. 131649 580 NIDN. 1014057001

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena izin dan rahmat-NYA Penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah dengan judul :”MINAT SISWA SMA N 3 PAMENANG UNTUK MEMASUKI JURUSAN IPA ATAU JURUSAN IPS DIDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKANYA”.

Dalam menyelesaikan karya ilmiah ini berbagai pihak telah memberikan bantuan dan kerja sama yang baik. Oleh karena itu dalam kesempatan ini, penulis menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak, terutama kepada:

1. Bapak Drs. Arislan, M.Pd. selaku Ketua STKIP YPM Bangko sekaligus sebagai Pembimbing I, yang selalu memberikan bimbingan dan arahan dalam penyelesaian karya ilmiah ini.
2. Ibu Dra. Fatimah, AS, M.Pd. selaku Pembimbing II yang telah membimbing dan membantu penyelesaian karya ilmiah ini.
3. Ibu Ketua Jurusan PMIPA dan Seluruh Dosen Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, yang selalu memberikan dorongan dan masukan kepada penulis.
4. Bapak dan Ibu Dosen Penguji yang memberikan sumbang saran untuk perbaikan karya ilmiah ini
5. Bapak Said Usman, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SMA N 3 Pamenang beserta seluruh Majelis Guru dan Staf TU yang telah memberikan izin dan kemudahan kepada penulis dalam mengumpulkan data.
6. Ayah, Ibu dan adik-adik tercinta yang selalu memberikan dorongan, semangat dan bantuan material yang tak ternilai harganya sehingga studi dan karya ilmiah ini dapat diselesaikan.
7. Siswa-siswi SMA N 3 Pamenang yang telah bersedia menjadi responden dan memberikan data bagi penyelesaian karya ilmiah ini.
8. Rekan-rekan Angkatan 2004 Jurusan PMIPA/Pendidikan Matematika serta teman-teman seperjuangan yang tidak dapat disebutkan satu persatu, yang telah banyak memberikan dukungan dan bantuan spiritual guna penyelesaian karya ilmiah ini.

Semoga bantuan, bimbingan dan dorongan yang telah diberikan mendapat imbalan yang berlipat ganda dari Allah SWT.

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa tulisan ini masih terdapat kekurangan, oleh karena itu penulis mengharapkan saran dan kritikan yang membangun untuk kesempurnaan karya ilmiah ini. Akhirnya penulis berharap semoga tulisan ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca umumnya.

Penulis

DAFTAR ISI

Halaman Judul Halaman

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING…………………………. i

LEMBAR PERSETUJUAN TIM PENGUJI .………………………… ii

KATA PENGANTAR ………………………………………………… iii

DAFTAR ISI …..……………………………………………………… v

DAFTAR LAMPIRAN..…………………………………………………… vii

BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah ……………………………… 1

1.2. Perumusan dan Pembatasan Masalah ………………… 2

1.3. Pertanyaan Penelitian ………………………………… 2

1.4. Tujuan Penelitian ……………………………………… 6

1.5. Kegunaan Penelitian ………………………………….. 7

1.6. Penjelasan Istilah ……………………………………… 7

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

2.1. Minat ………………………………………………….. 10

2.1.1. Pengertian Minat ………………………………. 10

2.1.2. Jenis-Jenis Minat ………………………………. 12

2.2. Jurusan IPA dan Jurusan IPS ………………………….. 12

2.3. Pengertian Matematika ………………………………… 14

2.4. Kerangka Konseptual ………………………………….. 15

BAB III METODE PENELITIAN

3.1 Jebis Penelitian ….………………………………………. 17

3.2 Populasi Dan Sampel …………………………………… 17

3.2.1. Populasi ………………………………………….. 17

3.2.2. Sampel …………………………………………… 18

3.3 Data dan Sumber Data …………………………………. 20

3.3.1. Jenis Data ………………………………………… 20

3.3.2. Sumber Data ……………………………………… 20

3.3.3. Alat Pengumpul Data ……………………………. 20

3.4 Teknik Analisis Data …………………………………… 21

BAB IV PEMBAHASAN

4.1. Analisis Data ……………………………………………. 22

4.2. Pembahasan ……………………………………………… 31

BAB V PENUTUP

5.1. Kesimpulan ……………………………………………… 36

5.2. Saran-Saran ……………………………………………… 37

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

DAFTAR LAMPIRAN-LAMPIRAN

1. Lampiran 1 : Instrumen penelitian (angket)

2. Lampiran 2 : Surat izin penelitian

3. Lampiran 3 : Daftar nama-nama responden

ANGKET UNTUK SISWA

MINAT SISWA SMA N 3 PAMENANG UNTUK MEMASUKI JURUSAN IPA ATAU IPS DIDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKANYA

A. PENGANTAR

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Terlebih dahulu saya doakan semoga Anda dalam keadaan sehat wal’afiyat dan sukses dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Berikut ini adalah angket penelitian yang bersisikan pertanyaan-pertanyaan dan pernyataan berkenaan dengan gambaran tentang minat siswa SMA N 3 Pamenang untuk memasuki jurusan IPA atau IPS didasarkan kemampuan matematikanya, serta usaha-usaha yang Anda lakukan untuk mewujudkan keingingan itu.

Anda diminta untuk memberikan respon/tanggapan terhadap pertanyaan dan pernyataan yang ada dalam angket ini secara jujur dan benar sesuai dengan pemikiran, bayangan, harapan ataupun keinginan Anda dalam kaitannya terhadap minat Anda.

Agar tujuan penulisan yang hendak dicapai peneliti terlaksana, untuk itu Anda diharapkan menyatakan dengan jujur, tidak perlu takut, cemas dan khawatir serta malu dalam menyatakannya dan sesuai dengan pendapat dan keinginan Anda sendiri.

B. PETUNJUK PENGISIAN

1. Berikan tanda ( X ) pada tempat yang tersedia di depan kemungkinan jawaban yang Anda anggap tepat.
2. Jika jawaban yang ada tidak sesuai dengan pilihan Anda silahkan Anda menuliskan jawaban yang sesuai pada titik-titik yang tersedia.
3. Untuk pertanyaan yang kemungkinan jawabannya lebih dari satu, Anda boleh memilih lebih dari satu pilihan.

Atas kesediaan dan keterbukaan Anda dalam mengisi angket ini saya sampaikan terima kasih.

Bangko, September 2007

WASSALAM

PENELITI

HIMAM NUR WAHIDIN

Identitas Siswa

Nama :

Tempat/Tgl. Lahir :

Jenis Kelamin :

Agama :

Kelas/Jurusan :

Alamat Sekarang : 1. Bersama orang tua 3. Menyewa kamar

2. Indekos 4. Dengan famili

Pertanyaan-pertanyaan dan pernyataan.

1. Apakah Anda menyenangi pelajaran Matematika?

( ) Senang ( ) Kurang senang ( ) Tidak senang

2. Jurusan apakah yang paling Anda minati?

( ) IPA ( ) IPS

3. Hal-hal apakah yang melatar belakangi jika Anda memilih jurusan IPA?

( ) Karena kemampuan matematika saya di atas rata-rata

( ) Karena saya menyenangi pelajaran matematika

( ) Karena saya ingin lebih mendalami pelajaran matematika

( ) Karena matematika merupakan mata pelajaran yang sangat penting

( ) Karena dorongan orang tua

( ) Karena keputusan majelis guru

( ) ………………………

4. Hal-hal apakah yang melatar belakangi jika Anda memilih jurusan IPS?

( ) Karena saya kurang menyenangi pelajaran eksakta, seperti matematika.

( ) Karena kemampuan matematika saya di bawah rata-rata

( ) Karena pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sangat susah

( ) ……………………….

5. Apakah jurusan yang Anda pilih sesuai dengan minat Anda dibidang matematika?

( ) Sangat sesuai dengan minat

( ) Sesuai

( ) Cukup sesuai

( ) Kurang sesuai

( ) Tidak sesuai sama sekali

6. Bagaimana cara Anda menyesuaikan antara kemampuan matematika dengan minat terhadap jurusan yang akan Anda pilih?

( ) Mendalami lagi pelajaran matematika

( ) Mengikuti les/privat

( ) Biasa-biasa saja

( ) Tidak perlu memperdalam

( ) ………………….

7. Usaha-usaha apa saja yang Anda lakukan untuk mewujudkan pilihan Anda sedangkan kemampuan matematika Anda rendah?

( ) Melengkapi peralataan belajar

( ) Melakukan kegiatan belajar dengan penuh disiplin

( ) Mengkonsultasikan pelajaran dengan Guru bidang studi

( ) Meningkatkan kegiaatan belajar di perpustakaan

( ) Mengikuti kegiatan kelompok belajar

( ) Mengikuti les/privat

( ) …………….

8. Untuk mewujudkan minat Anda terhadap suatu jurusan berikut ini yang menjadi kesulitan atau hambatan?

( ) Kurangnya dorongan dari orang tua

( ) Kurangnya kemampuan ekonomi orang tua

( ) Kurangnya kemampuan (daya tangkap) terhadap pelajaran

( ) Besarnya biaya untuk les/privat

( ) Sulit untuk membagi waktu untuk keperluan belajar

( ) Sering mendapat gangguan kesehatan

( ) Tidak ikut dalam kegiatn kelompok belajar

( ) ……………………………

Identitas orang tua atau wali

Nama :

Umur :

Pendidikan tertinggi :

Pekerjaan :

Pertanyaan-pertanyaan

3. Apakah orang tua/wali memahami arti pentingnya pelajaran matematika?

( ) Ya ( ) Tidak

4. Apakah orang tua selalu memberikan bimbingan sewaktu Anda belajar, khususnya pelajaran matematika?

( ) Selalu ( ) Jarang ( ) Tidak pernah

Bangko, September 20007

Responden

(…………………)

DAFTAR NAMA-NAMA RESPONDEN DAN KELAS/JURUSAN

No

NAMA

KELAS/

JURUSAN

1.

2.

4.

5.

6.

Devi Rahmaniar

Parningotan S.

Rika Purnam Sari, Nst.

Septo Manda

Sadam Ishak Siregar

XI IPA

7.

8.

9.

10.

11.

12.

13.

Demi Sunarti

Ika Anggariska Pradanawati

Dian Kurniawan

Dodi Irawan

Riyan Saputra

Sulastri

Noviarman

XI IPS1

14.

15.

16.

17.

18.

19.

20.

Ngatino

Wahyuni Lestari

Sepriyanti

Iwan Kurniarasa

Ermalisa

Nivianto Aditiawarman

Rina Aryani

XI IPS2

21.

22.

23.

24.

25.

26.

Yuni Ratna Sari

Ika Lestari Nainggolan

Tri Ningsih Puji Rahayu

Rabais Fauzan N.

Hasan Basory

Wawan Setiyo RB.

XII IPA

27.

28.

29.

30.

31.

32.

Nova Mariana

Muhammad Tamrin

Siswanto

Bambang Suparman

Widya Herlina

Wiwik Mujiati

XII IPS1

33.

34.

35.

36.

37.

Santoso

Siti Zainab

Muhammad Gansar

Yeni Novi Yanti

M. Nuruddin

XII IPS2

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kurikulum Berbasis Kompetensi Sekolah Menengah Atas (SMA). 2004. Pedoman Umum Pengembangan Penilaian. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Riduwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jaklarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Erman. 1994. Strategi Belajar Mengajar matematika. Jakarta: Depdikbud.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sanggar Bimbingan dan Konseling. Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling untuk SLTA Kelas I dan Kelas 2. Jakarta: Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi.

Undang-Undang Republik Indonesia No, 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 2006. Jakarta: Departemen Agama RI.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.

MINAT SISWA SMA N 3 PAMENANG UNTUK MEMASUKI

JURUSAN IPA ATAU IPS DIDASARKAN

KEMAMPUAN MATEMATIKANYA

KARYA ILMIAH

Diajukan Kepada STKIP YPM Bangko

Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Memperoleh Gelar Ahli Madya Pendidikan

HIMAM NUR WAHIDIN

NPM. 041002071505

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN YAYASAN PENDIDIKAN MERANGIN KOORDINASI PERGURUAN TINGGI SWASTA

WILAYAH X PADANG

2007


0 Responses to “HALAMAN DEPAN KI MATEMATIKA”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: