26
Agu
09

KESIMPULAN KI


BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN

Bab terakhir ini akan menyajikan kesimpulan hasil penelitian dan saran sesuai dengan temuan-temuan penelitian.

4.1. Kesimpulan

Kesimpulan hasil penelitian pada dasarnya mengacu pada pertanyaan- pertanyaan penelitian sebagaimana telah dikemukakan terdahulu :

4.1.1. Jurusan yang dipilih siswa SMA N 3 Pamenang bila disesuaikan dengan minatnya dibidang matematika adalah mereka lebih senang untuk mengambil jurusan IPS, karena sebagian besar mereka kurang menyenangi pelajaran matematika.
4.1.3. Nilai pelajaran matematika mempengaruhi terhadap minat siswa dalam pemilihan jurusan. Bagi siswa yang memilih jurusan IPA rata-rata nilai matematika mereka diatas rata-rata nilai matematika siswa yang memilih jurusan IPS.

4.1.4. Mayoritas siswa menyesuaikan antara kemampuan matematika dengan minat terhadap jurusan yang akan dipilih dengan cara mendalami lagi pelajaran matematika.

4.1.5. Usaha-usaha dalam mewujudkan pilihan terhadap suatu jurusan sedangkan kemampuan matematikanya rendah dengan mengkonsultasikan pelajaran dengan guru bidang studi dan belajar dengan penuh disiplin. Karena sebagian besar mereka tinggal bersama orang tua, dan orang tuapun sangat memahami arti pentingnya pelajaaran matematika, walaupun kebanyakan tingkat pendidikan orang tua rendah.

4.1.6. Hambatan yang dialami siswa dalam mewujudkan minat terhadap suatu jurusan. Pertama, karena kurangnya daya tangkap terhadap pelajaran. Kedua, jarangnya orang tua membimbing anaknya sewaktu belajar. Ketiga, kurangnya kemampuan ekonomi orang tua dan Keempat, sulitnya membagi waktu untuk keperluan belajar.

4.2. Saran-saran

Memperhatikan hasil-hasil penelitian sebagaimana dikemukakan diatas, dapat dikemukakan saran-saran sebagai nerikut :

4.2.1. Hendaknya seluruh siswa lebih memperhatikan cara belajarnya, belajar dengan penuh disiplin agar bisa menguasai berbagai macam mata pelajaran maupun ilmu pengetahuan, terlebih materi-materi yang dianggap sulit oleh siswa, seperti matematika. Sehingga bisa menguasai dengan baik mata pelajaran tersebut dan lulus dengan nilai yang memuaskan.

Dengan memberikan perhatian lebih terhadap mata pelajaran matematika, mempelajari dengan tekun akan mengubah persepsi siswa dari kurang menyenangi pelajaran matematika menjadi lebih menyenangi, karena matematika merupakan pelajaran yang sangat penting.

4.2.2. Guru hendaknya memberikan kesempatan kepada siswa dengan memberikan waktu lebih untuk konsultasi materi-materi pelajaran yang menjadi kendala siswa. Khususnya guru bidang studi matematika hendaknya membuat metode-metode pengajaran yang lebih menyenangkan, asik dan tidak membosankan sehingga minat siswa terhadap matematika akan bertambah tinggi.

4.2.3. Sedangkan bagi orang tua siswa hendaknya memberikan bimbingan bagi anak-anaknya ketika belajar, sehingga membuat belajar anak lebih termotivasi.

4.2.4. Sekolah, majelis guru dan pihak-pihak yang terkait dengan pendidikan hendaknya memperhatikan minat siswa itu sendiri. Karena menyangkut tentang kemampuannya dan masa depannya.

4.1.2. Hal-hal yang melatarbelakangi pemilihan jurusan IPA, karena beralasan ingin mendalami pelajaran matematika dan mereka menganggap pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sangat penting. Sedangkan latar belakang memilih jurusan IPS sebagian besar mereka beralasan karena kemampuan matematika di bawah rata-rata.


0 Responses to “KESIMPULAN KI”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: