26
Agu
09

METODOLOGI PENELITIAN


BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

Pada bab ini akan dikemukakan tentang komponen-komponen pokok penelitian, antara lain jenis penelitian, populasi dan sampel, jenis dan sumber data, teknik pengumpulan data. Lebih jauh juga akan dikemukakan upaya analisis data.

3.1. Jenis Penelitian

Sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian yang telah dirumuskan pada bagian terdahulu. Maka penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan menafsirkan data sebagaimana adanya mengenai Minat Siswa SMA N 3 Pamenang Untuk Memasuki Jurusan IPA atau IPS didasarkan Kemampuan Matematikanya. Hal ini didasarkan kepada pendapat Best (dalam Sukardi, 1982:119) ”Penelitian deskriptif merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan objek sesuai dengan apa adanya”.
3.2. Populasi dan Sampel

3.2.1. Populasi

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kilas XI dan XII SMA N 3 Pamenang yang terdaftar pada semester ganjil tahun pelajaran 2007/2008. Kelas X tidak diikutsertakan karena mereka belum dihadapkan kepada suatu kondisi yang harus menentukan pilihan terhadap suatu jurusan dan kondisi kelas X masih dikatagorikan siswa baru di lingkungan SMA N 3 Pamenang.

Kelas XI dan XII dipilih sebagai populasi karena memiliki karakteristik tertentu untuk dipelajari walaupun kenyataannya mereka telah dijuruskan sesuai dengan kriteria-kriteria penjurusan. Namun adakalanya siswa yang telah dijuruskan tidak sesuai dengan minat . Sugiyono (2006:89) berpendapat tentang populasi:

Populasi merupakan wilayah generalisasi yang terdiri atas: objek/subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.

Pendapat Sugiyono ini didukung juga oleh pendapat Riduwan yang menyimpulkan populasi sebagai “Objek atau subjek yang berada pada suatu wilayah dan memenuhi syarat-syarat tertentu berkaitan dengan masalah penelitian” (Riduwan, 2006 : 11)

3.2.2. Sampel

Sampel adalah bagian dari populasi yaitu objek yang akan diteliti dan dianggap bisa mewakili keseluruhan populasi yang ada. Hal ini sejalan dengan pendapat Riduwan (2006 : 11) yang memberikan kesimpulan dari sampel adalah “Bagian dari populasi yang mempunyai ciri-ciri atau keadaan yang tertentu yang akan diteliti”.

Penarikan sampel yang digunakan menggabungkan teknik sampling bertingkat (stratified sampling), sampling berimbang (proportional sampling), serta menggunakan teknik acak (random sampling). Teknik pengambilan sampel seperti ini disebut stratified proportional random sampling sebagaimana yang dinyatakan Arikunto (2002:117)

Penggunaan teknik sampling bertingkat karena di dalam populasi terdapat kelompok-kelompok subjek dan antara satu kelompok yang lain tampak adanya tingkatan, yaitu pada tingkatan kelas XI dan kelas XII sehingga sampel penelitian harus diambil dari perwakilan kelas-kelas tersebut.

Teknik di atas juga dikombinasikan dengan teknik sampling berimbang karena ukuran jumlah yang tidak sama, disesuaikan dengan jumlah anggota tiap-tiap kelompok yang lebih besar yang ada dalam populasi. Kelas XI terdapat satu kelas jurusan IPA dan dua kelas jurusan IPS, sedangkan untuk kelas XII juga terdapat satu kelas jurusan IPA dan dua kelas jurusan IPS. Kemudian setelah didapatkan sampel dari masing-masing kelas dan jurusan, terknik-teknik di atas digunakan lagi teknik sampling acak dengan mengambil sampel yang dikehendaki secara acak (Arikunto, 2005:95).

Berhubung jumlah populasi lebih dari seratus, maka dengan keterbatasan waktu, tenaga dan modal, penarikan sampel hanya diambil 20% saja. Hal ini sesuai dengan pendapat Arikunto (2002:112) menyatakan “subjek kurang dari 100 lebih baik diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Selanjutnya jumlah subjeknya besar dapat diambil antara 10-14% atau 20-25% atau lebih”. Berdasarkan jumlah populasi yang ada 187 siswa, maka sampel penelitian diambil 20% dari populasi dengan demikian jumlah sampel keseluruhan 37 siswa. Penyebaran sampel dapat dilihat pada tabel 1 berikut ini :

Tabel 1

Populasi dan Sampel Penelitian

No

Kelas

Jurusan

Populasi

Sampel

1.

2.

3.

4.

5.

6.

XI

XI

XI

XII

XII

XII

IPA

IPS1

IPS2

IPA

IPS1

IPS2

33 siswa

35 siswa

34 siswa

29 siswa

28 siswa

28 siswa

6 siswa

7 siswa

7 siswa

6 siswa

6 siswa

5 siswa

Jumlah

187 Siswa

37 Siswa

3.2.3. Data dan Sumber Data

Berdasarkan sifatnya, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif karena data-datanya berbentuk angka-angka.

2.3.1. Jenis data

Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang dikumpulkan secara langsung dari responden yang diteliti dan data dokumentasi legger siswa.

2.3.2. Sumber data

Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersumber daari siswa-siswi SMA N 3 Pamenang dan pihak sekolah (Waka. Kurikulum).

2.3.3. Alat pengumpul data

Alat pengumpul data adalah angket (kuesioner), yaitu seperangkat pertanyaan yang harus dijawab oleh responden yang digunakan untuk memperoleh berbagai keterangan yang langsung diberikan oleh responden. Sesuai dengan pendapat Sugiyono (2006:158) menyimpulkan “Angket merupakan teknik mengumpulkan data yang dilakukan dengan memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya”.

2.3.4. Teknik Analisis Data

Data yang telah dikumpulkan diolah dengan menggunakan teknik statistik sederhana, yaitu untuk memperoleh frekuensi relative (angka persen) digunakan rumus sebagai berikut:

p = 100 %

Keterangan:

p = Angka porsentase jawaban

f = Frekuensi yang seddang dicari

N = Number of Cases (jumlah frekuensi/jumlah sample)


0 Responses to “METODOLOGI PENELITIAN”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: